Sabtu, 25 Agustus 2012

Tips Membeli Gitar Listrik



      Saat ini banyak merek-merek gitar yang terkenal seperti ibanez, gibson, fender,dll. yang telah beredar di indonesia, tapi apakah benar-benar asli ?, bagaimana membedakannya ?
dan berapa harga gitar yang harus kita beli ?
Apakah gitar yang bagus harus mahal ?

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan diatas.

Pertama
     Saat anda masuk dan melihat-lihat ke dalam toko musik, pilihlah gitar yang kira-kira cocok dan membuat anda merasa cocok untuk menggunakan gitar itu. Hal ini bisa diketahui dengan menilai karakter atau genre musik apa yang anda suka atau permainan gitar seperti apa yang ingin anda mainkan.

Gitaris beraliran Metal lebih cenderung menyukai gitar yang berkarakter body tajam

Kedua
     Sesuaikan budget yang anda punya dengan gitar yang akan anda beli. Sebaiknya bawa atau siapkan uang lebih karena seringkali harga gitar yang sebenarnya bisa lebih mahal dari daftar harga yang kita lihat di majalah gitar atau internet.

Ketiga
     Setelah anda mendapatkan gitar yang kira-kira cocok, cobalah anda mainkan dan petik, rasakan saat digenggam.
apakah lebar neck dan jarak fret ke fret nyaman dengan tangan kiri anda ? hal ini perlu diketahui karena jarak neck dan ukuran fret setiap gitar berbeda-beda walaupun satu merk atau model.

 Keempat
     Faktor utama adalah kualitas suara, jadi perhatikan suara yang dihasilkan gitar yang akan anda beli.
Caranya : Katakan kepada penjaga toko bahwa anda mau mencoba gitar tersebut, mintalah untuk menghubungkan gitar dengan perangkat ampli dan efek yang disediakan.

     Setelah terpasang pada sound, cek noise pada gitar :
Coba besarkan volume gitar dan tonenya tapi jangan anda sentuh.
Dengarkan apakah ada suara aneh seperti mendesis atau feedback.
Bila itu terjadi maka anda bisa mengganti dengan gitar yang sejenis, biasanya toko menyediakan beberapa stok untuk beberapa model gitar.

Kelima
     Sekarang cek kontrol tunenya, coba fullkan putarannya dan dengarkan suaranya, apakah terlalu garing atau tidak. Tone yang bagus biasanya memiliki keluaran yang teratur, jadi semakin diputar semakin jelas suaranya.

Keenam
     Cek switch, pada gitar biasanya terdapat pick up atau spul yang fungsinya untuk mengubah getaran menjadi suara. Ada berbagai macam gaya pasang pick up, tergantung dari jenis gitar, contohnya : pada gitar Fender : 1-1-1, Gibson : 1-1, Ibanez : 2-1-2 (deskripsi ini tergantung jenis dan model).

 Ketujuh
     Sekarang lihat jarak antara fret dan senar apakah jaraknya terlalu jauh ?
Apabila terlalu jauh maka akibatnya saat kita mainkan akan terasa sakit dan keras saat ditekan

Caranya : Lihatlah pada neck didekat fret pertama.
Biasanya pada sebuah gitar elektrik ada sebuah lubang yang di tutupi oleh semaca fiber, disitulah biasanya dibuka dan disetel supaya benar-benar pas dengan feel kita.
Cara mengaturnya adalah dengan memutar saja dengan kunci L atau kunci ellen.


0 komentar:

Posting Komentar