Minggu, 05 Agustus 2012

Gibson ES-335

Gibson ES-335
   
     Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958 sebagai ES-335T. Model  ini menelurkan seri ‘300’ (yang serupa) lainnya- ES355, 345, dan 325. Perusahaan Epiphone yang dimiliki Gibson tidak membuat gitar 335. Kalau kamu melihat gitar yang mirip 335 dengan logo Epiphone, itu pasti Riviera atau Sheraton.
Beberapa gitaris yang menggunkan gitar ini antara lain : BB King, Freddie King, Eric Clapton (bersama Cream), John Lee Hooker, Alvin Lee.

Desain : Blok tengah yang padat. Dua humbucking pickup dengan saklar tiga arah. Dua volume plues dua pengatur tone.

Sound : Pada dasarnya 335 terdengar dan terasa sebuah gitar elektrik meskipun kontruksinya semi-solid. Kata sifat yang menyertainya antara lain ‘warm’ (hangat), ‘mellow’ (empuk), dan seterusnya, plus kata – kata yang hanya bisa dipahami oleh orang – orang tertentu, seperti ‘soulfull’, ‘emotional’, ‘mild’. Atau, kamu juga bisa menggunakan istilah semuanya: ‘merangsang’. Tak ada yang berani memperdebatkan penggunaan kata tersebut karena mereka tidak tahu apa yang dirangsang oleh 335 (dalam keadaan mendesak, kata ini bisa digunakan untuk merujuk gitar apa pun)

Fakta yang perlu diketahui : Sering disebut sebagai gitar ‘semi-akustik’ namun sebutan ini sering disalahpahami senagai ‘elektro-akustik’. Definisi yang tepat adalah ‘semi-solid’, karena ada blok tengah padat yang berada di sepanjang gitar untuk mengurangi feedback.

Opini Instant : Model tailpiece trapeze memiliki sustain yang lebih baik.

Kritik  : Sebuah ES335TD baru benar – benar mahal (sekitar $3.300).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bang , cara mendapatkan karakter soundnya yg lembut itu gmana ya? Karna saya punya gitar kayak gini tapi karakternya hampir sama dengan gitar elektrik seperti pada umumnya

Posting Komentar