Selasa, 14 Agustus 2012

Jimi Hendrix

SEJARAH
   Jimi Hendrix lahir pada 27 November 1942 dengan nama asli Johny Allen Hendrix (diubah menjadi James Marshall Hendrix oleh ayahnya) Permainan Jimi Hendrix terpengaruh oleh beberapa gitaris, diantaranya ; BB King dan Muddy Waters. Ia pernah bekerja bersama banyak tokoh RnB termasuk Little Richards, Curtis Knight, Ike Turner, sampai ia bertemu pemain bass The Animals, Chas Chandler yang membawanya ke Inggris.

   Pada tahun 1966 Jimi membentuk Jimi Hendrix Experience bersama Noel Redding sebagai pemain bass dan Mitch Mitchell sebagai Drummer.

   Hits awal Jimi akhirnya memperkenalkannya pada pendengar Amerika. Pertunjukan livenya mencakup Monterey Pop Festival, Woodstock dan Isle of Wight Festival (dua pertunjukan terakhir berlangsung setelah Redding mengundurkan diri pada tahun 1969). Jimi meninggal dalam tidurnya, tercekik oleh muntahannya sendiri pada tanggal 18 September 1970.

GAYA PERMAINAN
   Jimi Hendrix memiliki teknik permainan gitar yang sensasional. Bending yang menakjubkan, tukikan Whammy Bar, Feedback yang terkendali dan yang tak terkendali (semua teknik ini dimainkan pada volume yang sangat keras). Komposisinya yang lebih tenang menonjolkan nada-nada yang lembut dengan menggunakan Hammer On dan dinamika distorsi yang diatur oleh petikan pick. Ia sangat memanfaatkan tangga nada Minor Pentatonis, Myxolydian dan Natural Minor. Beberapa tekniknya (contohnya ibu jari yang digunakan untuk menekan senar bas) dimungkinkan karena ukuran tangannya memang amat besar.


PERALATAN 
   Jimi Hendrix biasanya memainkan gitar Fender Stratocaster untuk pemain tangan kanan yang dipakai secara kidal dan digantung terbalik melalui ampli Marshall. Ia juga menggunakan berbagai stompbox yang dimodifikasi oleh guru efek gitar Inggris, Roger Mayer.

0 komentar:

Posting Komentar