Sabtu, 11 Agustus 2012

EBow


     EBow (Electric Bow atau Energy Bow) adalah alat elektronik berkekuatan baterai yang biasa digunakan untuk bermain gitar elektrik. Ditemukan oleh Greg Heet pada tahun 1969. Cara menggunakannya adalah dengan menggesek-gesekkan permukaan EBow (slide) di atas permukaan senar. 

EBow
     EBow digunakan untuk menghasilkan variasi sound yang tidak mungkin bisa dicapai dengan gitar listrik biasa. Nada yang dihasilkan terdengar lembut dan konstan dengan sustain yang panjang dan harmonik. Sound ini dihasilkan oleh string driver, yang cara kerjanya sama dengan pick-up gitar. Output suara yang dihasilkan dikirimkan ke ampli gitar yang memproses getaran dari gesekan antara EBow-senar-pick up.

     Banyak artis dari berbagai genre musik yang telah menggunakan EBow sepanjang perkembangan dunia teknik gitar. Satu dari sekian penggunanya yang terkenal adalah Steve Hackett yang menggunakannya dalam lagu “The Carpet Crawlers” pada tahun 1974. Pemain gitar lain yang mula-mula menggunakan alat ini adalah Max Sunyer yang menggunakannya dalam album live “Iceberg en Directe” pada tahun 1978. Selanjutnya EBow digunakan juga oleh Bill Nelson yang memperkenalkan alat ini kepada Stuart Adamson (The Kids). EBow juga sering digunakan oleh gitaris Radiohead, Ed O’Brien dalam beberapa penampilan live terutama dalam lagu “All I Need”. 


Penggunaan EBow

     Berikut ini beberapa musisi terkenal yang menggunakan EBow dalam lagunya :
  • Brad Delson (Linkin Park) : No More Sorrow
  • The Edge (U2) : With or Without You, The Unforgettable Fire        
  • Noel Gallagher (Oasis) : Don’t Look Back in Anger
  • James Hetfield (Metallica) : Nothing Else Matters (versi orkestra)
  • Jon Hudson (Faith No More) : Stripsearch, Midlife Crisis
  • Vinnie Moore : Rain, The Maze, In The Healing Garden, Fear and Trepidation, Over My Head
  • Richard Oakes (Suede) : Down
  • Andy Timmons (Pearl Jam) : Wishlist, World Wide Suicide
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar