Sabtu, 25 Agustus 2012

Belajar Menjadi Shredder

Michael Angelo Batio, salah satu shredder dengan kemampuan yang luar biasa
      Sebelumnya, apakah anda sudah tau arti dari kata "Shred" ?
Arti secara bahasa, Shred adalah irisan, sobekan, mencabik-cabik dll. Dalam dunia musik sendiri, Shred di kaitkan dengan permainan gitar yang cepat. Kemudian anda berfikir bagaimana mereka melakukan itu ? atau anda berfikir itu hanya dapat di lakukan oleh orang yang punya bakat lebih di gitar, jika anda berfikir begitu anda salah besar. Kenapa saya bilang salah besar ? karena Shred atau Shredding teknik sebenarnya di ciptakan dari beberapa bentuk melody yang mudah (dasar) yang kemudian digabungkan antara satu bentuk dengan bentuk yang lainnya.

     Adapun bentuknya dapat berupa sweeping, string skipping, atau juga dengan membolak-balikan nada antara 1- 6 nada saja, karena temponya yang cepat maka seolah-olah itu adalah permainan dewa gitar yang 'imposible' bagi anda.

     Berikut ini saya share beberapa tips tentang teknik shredding agar anda bisa melakukannya dengan mudah dan melatihnya secara teratur :
  1. Cari bentuk lik sederhana anda yang akan di aplikasikan untuk 'nge-shred'.
  2. Mainkanlah bentuk lik sederhana anda dalam beberapa root (nada awal) dari scale yang anda gunakan dan mainkanlah root tersebut pada nada rendah dan tinggi.
  3. Mulailah dari tempo yang sangat pelan.
  4. Percepat tempo dengan perlahan, yang paling penting adalah nada itu harus bersih.
  5. Jika anda sudah mulai biasa dengan pola pertama, cari pola-pola lain untuk variasi. 5 bentuk saja sudah cukup bagus tapi usahakan cari sebanyak mungkin variasi bentuk untuk lick anda.
  6. Latih terus lick-lick yang sudah anda temukan bentuknya, minimal sehari 30 menit sudah cukup.
  7. Lihat Video contoh bentuk lick sederhana yang di pakai oleh gitaris-gitaris ternama agar menambah perbendaharaan inspirasi anda untuk membuat lick yang baru.
  8. Agar lebih paham lagi, baca lagi tips ini dari nomor satu dengan perlahan dan cermatilah maksud dari beberapa tips di atas.

0 komentar:

Posting Komentar