Sabtu, 18 Agustus 2012

Seputar Efek Gitar

  • Apakah ada batas jumlah pedal efek yang bisa dipakai secara bersamaan ?
   Ada. Semakin banyak pedal efek yang dihubungkan, semakin tinggi juga resiko sinyal gitar menjadi buruk. Akibatnya, kualitas suara gitar yang keluar pun menurun. Susunan umum (misalnya yang mencapai enam atau tujuh pedal) akan menghasilkan sinyal yang kuat asalkan menggunakan kabel yang bagus dan sumber listrik yang dapat diandalkan. Jika betul-betul membutuhkan lebih dari 10 pedal untuk rantai efek, mungkin perlu untuk mempertimbangkan menggunakan sistem switching seperti A-B Box atau pedal pemilihan jalur untuk koleksi pedal.

Contoh rantai efek
A/B Box
  • Apa perbedaan multi-FX dan efek pedal ?
   Umumnya multi-FX lebih kuat dibandingkan efek pedal, sebab efek ini memiliki 'otak' komputer yang menyimpan tidak hanya efek-efek yang digunakan pada suatu waktu, namun juga setelan individual untuk setiap parameter. Tentu saja multi-FX merupakan pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan harus membeli sejumlah pedal yang berbeda-beda. Meskipun demikian, beberapa pemain berpendapat pemrosesan multi-FX secara luas dapat 'merampok' karakter suara gitar itu sendiri. Sementara itu, jika menggunakan pedal individual, gitaris kemungkinan bisa menyusun pedal sesuai keinginannya unuk mencapai tujuan atau menghasilkan suara tertentu.

Multi-FX
Efek pedal yang disusun dan membentuk rantai efek

  • Bolehkah memakai dua distorsi secara bersamaan ?
   Boleh, tapi jangan harap hasil suaranya bagus. 'Menjenuhkan' suara gitar dengan gain tidak akan memberi suara gitar yang lebih 'bertenaga' atau 'berat'.
  • Mana yang lebih baik ? reverb ampli atau reverb multi-FX ?
   Biasanya versi multi-FX lah yang lebih baik, sebab biasanya versi ini berupa reverb digital yang kompleks. Ampli latihan, kalaupun memiliki reverb, biasanya menggunakan unit pegas. Untuk aplikasi umum, matikan reverb ampli dan gunakan reverb multi-FX.

Knob Reverb
  • Berapa panjang kabel konektor yang harus saya pakai ?
   Selalu gunakan kabel terpendek dan sebisa mungkin gunakan kabel dengan kualitas terbaik. Singkatnya, semakin jauh jarak tempuh sinyal gitar, semakin besar pula kemungkinan kualitasnya menurun. Kabel terpanjang biasanya diletakkan diantara gitar dan pedal-pedalmu (tergantung seberapa 'ekstrim' trik panggung). Jangan menghubungkan dua pedal dengan kabel gitar yang panjang, lebih baik gunakan 'patch connector' yang pendek.

Kabel konektor biasa
Kabel konektor yang lebih pendek, digunakan untuk menghubungkan efek dalam rantai efek
  • Kenapa pedal distorsi saya mendengung (feedback) ?
   Sebenarnya bukan itu yang terjadi, tapi pick up gitar dan ampli lah yang menciptakan dengungan dan pedal efek hanya memperkuatnya saja. Solusinya, berdirilah lebih jauh dari ampli dan jangan gunakan pick up berkualitas jelek.
  • Dimana tempat meletakan ampli saat bermain live dengan band ?
   Selalu arahkan speaker gitar ke telinga. Beberapa pemain meletakannya di lantai atau dinding kemudian mendongakkannya sementara pemain lain menggunakan dudukan khusus untuk ampli ; ada juga yang meletakannya di atas meja atau koper, bahkan di atas peti botol bir. Jangan meletakan ampli gitar combo di lantai menghadap bagian belakang lutut jika tidak mau mendengar tone gitar yang sangat penting itu 'terbekap'.

0 komentar:

Poskan Komentar