Senin, 13 Agustus 2012

Jeff Beck

   Jeff Beck (lahir pada 24 Juni 1944) adalah gitaris Rock asal Inggris yang tergabung dalam kelompok band The Yardbirds (menggantikan Eric Clapton pada 1965). Jeff Beck menempati peringkat 14 dari "100 Gitaris terbesar sepanjang masa" versi majalah Rolling Stone. Sebagian rekaman Beck adalah instrumental dengan fokus pada suara gitar yang inovatif dan jangkauan genre yang luas mulai dari Blues-Rock, Heavy Metal dan Jazz Fusion. Ia berhasil meraih Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance sebanyak 5 kali dan masuk ke dalam Rock n Roll Hall of Fame sebanyak 2 kali.

Jeff Beck
   Permainan gitar Jeff Beck terkesan mempesona (Bending, Harmonik dengan Whammy Bar, Trill, Tapping dan Country Picking yang dilakukannya sangat menakjubkan). Ia adalah salah satu maestro gitar elektrik. Ia biasa bermain dengan jarinya tanpa menggunakan pick. Walaupun ia memiliki gaya permainan yang cepat dan bertenaga, ia selalu bersedia memainkan solo yang lebih tenang bila lagu itu membutuhkannya.

   Pada tahun 1966 Beck membentuk band band Jeff Beck dan mengeluarkan hit pertamanya Hi Ho Silver yang dianggap sebagai single terbesarnya dan mengilhami beberapa pemain gitar untuk mengikutinya bereksperimen dengan permainan gitar solo kembar (seperti Iron Maiden).

Iron Maiden

   Jeff Beck tak pernah bekerjasama secara konsisten dengan seorang vokalis meskipun tercatat dalam albumnya ia pernah melibatkan Donovan, Rod Stewart, Tina Turner, Kate Bush, Brian May, Jon Bon Jovi dan Robert Plant.

Robert Plant

0 komentar:

Posting Komentar