Minggu, 12 Agustus 2012

Garry Moore

Gary Moore
   Gary Moore (Robert William Garry Moore, lahir pada 4 April 1952 di Belfast, Irlandia Utara) adalah salah seorang gitaris dan vokalis Blues dunia. Gary dibesarkan di Stormont, Newtownards Upper Road di timur Belfast. Ia mulai tampil di usia muda setelah membeli gitar akustik butut pada usia 8 tahun. Gary mulai membeli gitar yang lebih baik pada usia 14 tahun, ia belajar memainkannya dengan tangan kanan meskipun sebenarnya ia kidal.

   Pengaruh awal musik Gary adalah Elvis Presley dan The Beatles sedangkan untuk permainan gitar pada awalnya ia memilih Peter green dan Fleetword Mac sebagai pengaruh. Kemudian, setelah melihat Jimi Hendrix dan John Mayall's Bluesbreakers di Belfast gaya musiknya berkembang menjadi Rock-Blues.
Jimi Hendrix
   Pada tahun 1969, Gary bergabung dengan band Skid Row bersama Bridgeman Noel dan Brendan Shiels yang membuat ia mulai dikenal di dunia musik.
   Gary membuat album solo pertamanya pada tahun 1973, "Grinding Stone" dan disebut Gary sebagai Gary Moore Band. Pada tahun 1978, Gary melanjutkan karier solonya dengan bantuan Phill Lynott.


   Gary Moore tetap dengan format musik Blues hingga 1997, ketika ia mulai memutuskan untuk bereksperimen dengan musik modern di album "Dark Days in Paradise" yang membuat banyak penggemar yang meninggalkannya. Akhirnya ia kembali pada Blues pada 2001 dan merilis album "Power of the Blues" (2004), "Old New Ballads Blues" (2006), "Close As You Get" (2007) dan album terbarunya, "Bad For You baby" (2008).

   Gary telah bermain dengan banyak artis, termasuk Thin Lizzy, BB King, Colosseum II, Greg Lake, dan band Skidrow. Sepanjang kariernya, ia telah diakui sebagai pengaruh oleh banyak gitaris seperti Randy Rhoads, John Sykes dan Kirk Hammet.


0 komentar:

Posting Komentar