Selasa, 07 Agustus 2012

Teknik Violining


    
     Teknik Violining adalah teknik gitar elektrik yang dapat menghasilkan suara yang lebih halus karena dinamika suara petikan gitar dihilangkan, bunyi yang dihasilkan akan terdengar seperti permainan biola terutama jika menggunakan distorsi dan delay yang tepat. Ada dua cara untuk melakukan teknik violining, yaitu dengan menggunakan knob volume dan menggunakan pedal efek.

  • Menggunakan Knob Volume
     Dalam bagian-bagian gitar elektrik normal, biasanya ada beberapa knob volume, – jumlah knob volume biasanya sesuai dengan jumlah pick-up – knob volume yang paling atas adalah knob untuk mengatur rendah atau tingginya suara yang dihasilkan (knob inilah yang akan digunakan untuk teknik ini) sedangkan knob yang lain biasanya adalah knob tone.

knob volume gitar
Cara memainkan : Kecilkan volume gitar knob volume dengan jari kelingking, petik satu nada, selagi nada itu berbunyi langsung besarkan volume gitar dengan jari kelingking lagi, kemudian turunkan kontrol volume lagi sesaat sebelum nada berikutnya.

     Gitaris yang memainkan teknik ini diantaranya adalah Eddie Van Halen (Van Halen) : I Can’t Stop Loving You dan Yngwie Malmsteen : Black Star.

  • Menggunakan Pedal Volume Efek
pedal volume efek analog
     Pada setiap efek digital biasanya sudah dilengkapi dengan pedal yang berfungsi untuk mengatur hal yang berkaitan dengan volume ataupun merubah dinamika karakteristik suara gitar (contohnya efek Wah). Walaupun begitu ada juga efek analog volume yang mempunyai fungsi yang sama. Perbedaannya dengan pedal volume efek digital adalah suara yang dihasilkan pedal volume efek analog lebih kuat sedangkan penggunaan pedal volume efek digital lebih praktis.
pedal voluma efek digital
Cara memainkan : Kecilkan volume gitar dengan menggunakan kaki kanan (untuk pemain gitar normal), petik satu nada, naikkan volume gitar secara perlahan dengan kaki kanan, sebelum memetik nada berikutnya, kecilkan kembali volume gitar.

     Pemain gitar yang memainkan teknik ini dalam lagunya antara lain, George Harrison (The Beatles) : I Need You dan Vito Bratta (White Lion) : Cry For Freedom.

1 komentar:

rynasafitri mengatakan...

Teknik gitar di lagu Panama ..
https://www.youtube.com/watch?v=jAfn3PieZ8k

Posting Komentar