Senin, 06 Agustus 2012

Angus Young


     Angus McKinnon Young (lahir 31 Maret 1955) adalah gitaris keturunan Australia-Skotlandia yang dikenal sebagai lead gitar dan penulis lagu dari band beraliran hard rock, AC/DC. Angus Young terkenal karena penampilannya yang enerjik, selalu menggunakan seragam sekolah saat pertunjukan live dan gerakan duckwalk-nya. Majalah Rolling Stone menempatkannya pada urutan ke 24 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa.


Kehidupan Dan Karir

     Angus Young adalah anak termuda dari 7 beraudara pasangan William Young dan Margaret Young yang lahir di Glasgow, Skotlandia. Dia dikeluarkan dari sekolah saat berusia 15 tahun. Pada tahun 1963, dia beremigrasi ke Sydney, Australia bersama orang tua dan beberapa saudaranya.

     Angus memainkan gitar pertama kali dengan gitar bekas yang murah pemberian ibunya. Ia membeli gitar elektrik Gibson SG bekas sekitar tahun 1970-an dari sebuah toko musik di seberang rumahnya.

     “Aku pergi keluar dan mendapatkan sebuah Gibson SG yang aku mainkan sampai kayunya lapuk karena terlalu sering terkena air keringatku. Bagian neck gitarnya sudah melengkung, mungkin karena ini adalah gitar bekas”.  (Angus Young)


AC/DC

     Sebelum membentuk AC/DC, Angus bermain bersama band lokal yang bernama Kentuckee. Line up Kentuckee pada saat itu adalah Bob McGlynn (vokal), Angus Young (gitar), Jon Stevens (bass) dan Trevor James (drum). Band ini akhirnya terpecah dan berganti nama menjadi Tantrum dengan line up : Mark Sneddon (vokal-gitar), Angus Young (gitar), Jon Stevens (bass) dan Trevor James (drum).
Dia berumur 18 tahun saat membentuk AC/DC bersama kakaknya Malcolm (rhythm), Collin Burgess (drum), Larry Van Kriedt (bass) dan Dave Evans (vokal). Single mereka “Can I Sit Next To You Girl” kemudian direkam ulang bersama vokalis baru mereka, Bon Scott.

     Mereka mendapat ide untuk menamakan diri AC/DC setelah melihat surat bertuliskan “AC/DC” di belakang mesin jahit saudara perempuan Angus, Margaret Young.
Angus sempat mencoba beberapa kostum saat pertunjukan live, seperti Spiderman, Zorro, Gorilla, dan Super-Ang (bentuk plesetan nama dari Superman). Sampai pada akhirnya adiknya mengusulkan agar dia mengenakan seragam sekolah, Angus menyetujuinya dan ia mengenakannya di setiap pertunjukan live sampai sekarang.

     Angus Young lebih suka hidup menyendiri bersama keluarganya. Dia dan istrinya, Ellen tinggal di Kangaroo Point di Sutherland Shire, Sydney. Selain itu ia juga mempunyai rumah di Aalten, Belanda, tempat kelahiran istrinya. Walaupun ia seorang perokok berat, tapi Angus bukanlah seorang peminum.

     "AC/DC adalah salah satu band Rock paling penting dan berpengaruh dalam sejarah”. (Paul Brannigan)

AC/DC

Pengaruh

     “Saat aku masih kecil, saat masih suka bermain air—mungkin saat itu usiaku sekitar 5 atau 6 tahun—aku sudah terbiasa mendengarkan musik Little Richard”. (Angus Young)
Permainan gitarnya yang enerjik terinspirasi dari banyak gitaris Rock n’ Roll. Dalam beberapa kesempatan wawancara, Angus mengakui bahwa gaya permainannya terinspirasi oleh saudaranya, Malcolm Young, Keith Richards, Chuck Berry dan Freddie King. Untuk pemilihan ide lick, pengaruh terbesarnya adalah Jimi Hendrix, John Lee Hooker dan The Kinks.

Teknik Permainan

     Angus sering memainkan skala Blues murni antara pentatonik Blues 12 bar mayor dan minor. Dalam beberapa lagu awal AC/DC, Angus sering memainkan power chords seperti di lagu “TNT” dan “It’s a Long Way To The Top”. Selain itu, ia juga sering memasukkan sentuhan folk Skotlandia dalam permainannya, Triknya yang paling sering ia mainkan adalah pull-off arpeggio (muncul di lagu “Who Made Who”, “Dirty Deeds Done Dirt Cheap”, “Sin City” dan “Thunderstuck”)

Aksi Panggung

     Angus Young adalah salah satu yang paling terkenal untuk penampilan aksi panggung, mulai dari melompat-lompat, berlari mundur sampai berbaur dengan penonton. Kadang ia juga memainkan solo gitar sambil naik ke atas punggung Bon Scott, melakukan duck-walk, bermain gitar sambil berbaring dilantai bahkan sambil mengendarai sepeda.

Salah satu aksi panggung Angus Young

Peralatan

     Angus Young telah menggunakan Gibson SG dalam beberapa model, tetapi kebanyakan penampilannya ia menggunakan Gibson 1970 SG Standard. Ia juga menggunakan versi modifikasi dari Gibson SG yang diberi nama Jaydee SG yang dibuat khusus untuk Angus Young oleh perusahaan Jaydee Guitars. Gitar Jaydee SG memiliki inlay yang menyala dalam fretboard-nya. Kemudian Gibson membuat gitar custom untuk Angus yang dilengkapi juga dengan inlay yang menyala sebagai pengganti Jaydee SG. Gibson SG 1970 miliknya mempunyai T Top pick-up, sedangkan Gibson SG 1964 miliknya yang lain mempunyai pick-up yang permanen.

Gibson SG Angus Young Signature

     Angus Young dan perusahaan gitar Gibson telah bekerjasama untuk membuat gitar Angus Young SG. Pick-up gitar ini dirancang sendiri oleh Angus Young (kemudian diberi nama ‘The Angus Young Signature Humbucker’). Inlay dalam neck-nya juga dibuat menyala seperti gitarnya yang dulu.
Angus Young lebih sering menggunakan ampli reissued version dari Marshall 1959 model 1960 AX dan cabinet BX 4x1.

     Satu-satunya efek gitar yang dipakai oleh Angus Young adalah Schaffer-Vega Diversity System, unit wireless-nya mulai ia gunakan pada 1977. Perangkat ini masih ia gunakan sampai saat ini.

(dari berbagai sumber)


1 komentar:

Unknown mengatakan...

i love Angus

Posting Komentar