Rabu, 17 Oktober 2012

Posisi Ibu Jari Dalam Bermain Gitar

     Penempatan ibu jari yang tepat dalam bermain gitar cukup berpengaruh terhadap kenyamanan kita dalam memainkan gitar. Hal ini antara lain dipengaruhi oleh teknik yang sedang kita mainkan dan juga jangkauan fret yang ingin kita raih.

     Secara umum, penempatan ibu jari dalam bermain gitar dibagi menjadi dua ; hold behind the neck dan hooked over the neck.

Hold Behind The Neck


     Dalam posisi ini, ibu jari terletak tepat di belakang neck gitar. Posisi ini memudahkan kita menjangkau fret manapun dan mempermudah pengontrolan di semua jari tangan kiri kita.

     Hold behind the neck biasanya digunakan untuk memainkan akord  yang membutuhkan jangkauan fret yang lebar seperti mayor 9 dan minor 9. Posisi ini juga mempermudah kita memainkan lick berupa stretching-stretching panjang.

     Kelemahan dari posisi ini adalah kekuatan jari kita berkurang dalam menekan senar pada fretboard.

Hooked Over The Neck

     Cara memainkan gitar dengan posisi ini adalah dengan meletakkan ibu jari tepat di atas neck gitar. Posisi ini memungkinkan kita melakukan bending yang kuat dan sempurna karena jari-jari tangan kiri kita memiliki kekuatan yang kebih dibandingkan saat memainkan gitar dalam posisi hold behind the neck. Akan tetapi posisi ini mempersulit kita saat akan menjangkau gerakan-gerakan stretching.

0 komentar:

Posting Komentar